Toyota Avanza benar-benar susah ditaklukan meskipun dengan Multi-Purpose Vehicle murah sekalipun seperti Calya. Tercatat selama periode Januari hingga Februari 2017, menurut data yang dilansir oleh pihak Toyota Astra Motor bahwa sudah 11.000 unit Avanza yang terjual di Indonesia dimana raihan tersebut tentu saja semakin mengukuhkan posisi Avanza sebagai mobil sejuta umat yang benar-benar diminati oleh publik dengan segala macam pertimbangan tentunya.
Seiring dengan semakin banyaknya konsumen yang ingin bergabung dengan perusahaan yang bergabung dalam wadah taksi online tentu permintaan ke dealer juga akan semakin meningkat dan ini menjadi salah satu pemicu begitu tingginya permintaan terhadap Avanza.
Nama besar Avanza yang kini bertransformasi menjadi Grand Avanza dan Grand Veloz karena mendapat perubahan yang sangat signifikan (major change) pada eksterior, interior dan penggunaan mesin dual VVTi tentu saja menjadi faktor penentu sehingga meskipun pihak TAM kembali “menggoda” konsumen dengan Calya.
Baca juga : Cara Kerja Mesin Dual VVTi Pada Grand Avanza Dan Grand Veloz
Calya sendiri memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil juga harga lebih murah dibandingkan dengan Avanza namun sekali lagi bahwa pilihan masyarakat Indonesia lebih tertuju pada Avanza sehingga Toyota Indonesia memang harus mencari berbagai cara untuk dikemudian hari tetap mempertahankan nama besar Avanza sebagai mobil yang merambah semua segmen.
Jumlah penjualan yang tinggi tentu saja membuktikan bahwa kepercayaan publik Indonesia terhadap Toyota tentu saja sangatlah besar dan ini harus diperhatikan oleh produsen otomotif asal Jepang ini.
Sebagai sebuah mobil yang memang disajikan untuk semua segmen tentu saja banyak opsi yang ditawarkan walaupun mesin Avanza sendiri ada yang menggunakan mesin bensin 1.300cc dan 1.500cc. Untuk membedakan tentu saja pihak pabrikan memberikan atau menyertakan beberapa fitur pada varian tertinggi sehingga konsumen yang ingin memilikinya nantinya dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.
Perbedaan mencolok tentu saja pada fitur karena memang dibuat sesuai dengan kebutuhan yang mana nantinya konsumen tinggal memilih sesuai dengan bujet yang mereka miliki ketika memutuskan untuk memiliki Avanza melalui pembelian secara cash atau kredit.
Baca : Simulasi Kredit Avanza
Total penjualan yang mencapai 11.000 unit tersebut tentu saja baru sampai bulan Februari karena kita sedang memasuki penghujung Maret 2017 dimana menurut hemat kami bahwa angka penjualan Avanza sudah pasti terus bertambah karena Toyota sendiri terus menerapkan promo untuk mempenetrasi bursa otomotif nasional ditengah persaingan yang terus meningkat.
Promo yang ditawarkan tentu saja bukan untuk Avanza saja akan tetapi juga berlaku untuk mobil Toyota lainnya seperti halnya Yaris, Calya, Fortuner, Kijang Innova yang selama ini menjadi andalan brand otomotif asal negeri sakura ini dalam menghadapi penetrasi yang juga dilakukan oleh brand lainnya yang meramaikan pasar otomotif nasional.
Pangsa Pasar Avanza Masih Terbuka Lebar
Pangsa pasar mobil jenis Low Multi-Purpose Vehicle memang masing sangat lebar sehingga memberikan peluang bagi Toyota untuk secara kontinyu memproduksi serta memasarkan Avanza melalui dealer yang ada dimana segala harga On-the-Road ditentukan oleh Agen Pemegang Merek yaitu PT Toyota Astra Motor.
Salah satu keunggulan Avanza sehingga tak hanya digemari oleh publik yang berdomisili dikota besar adalah performa serta efisiensi bahan bakar. Avanza telah didesain untuk digunakan dijalan raya yang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sehingga anda melihat bahwa mereka yang berdomisili bukan dikota-kota besar di Indonesia akan lebih memilih Avanza dibandingkan dengan lainnya.
Bahkan keunggulan lainnya adalah mudah dan murahnya biaya perawatan Avanza dan ini merupakan karakteristik dari semua produk Toyota yang hadir dipasar otomotif nasional bahkan global. Didukung oleh banyak keunggulan tentu saja membuat pihak TAM terus berkreasi dengan menerapkan berbagai macam strategi pemasaran yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
Toyota memang terus memberikan sentuhan baru pada setiap produk yang diluncurkan sebab dalam dunia otomotif sendiri tak lepas dari yang namanya trend baik trend pada desain maupun teknologi yang diikut sertakan pada mobil itu sendiri. Kecenderungan masyarakat yang terus mencoba hal baru juga berdampak pada penjualan otomotif sendiri dimana jika ada produk baru maka masyarakat akan berlomba-lomba untuk memilikinya.