Sejarah panjang Avanza selama kiprahnya di Indonesia tentu saja tak terbantahkan bahwa mobil yang hadir dikategori Low MPV ini masih saja digemari oleh publik di Indonesia.
Baca : Promo Kredit Grand Avanza DP Murah Angsuran Ringan
Toyota telah membuktikan bahwa Avanza memiliki resale-value yang lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya meskipun berbagai klaim terus berdatangan – sebab yang namanya persaingan diantara brand khususnya otomotif tentu saja akan membuat setiap produsen untuk berupaya meyakinkan konsumen bahwa produknya yang terbaik dari semua yang ada dipasar otomotif nasional.
Melalui Toyota Astra Motor, publik telah memberikan kepercayaannya yang begitu besar sehingga tak heran bahwa produk Toyota banyak diminati sekaligus membuat perusahaan gigantic otomotif asal negeri sakura ini menempati urutan teratas penjualan dari tahun ke tahun.
Dominasi penjualannya sendiri bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga secara global dimana Toyota bersaing ketat dengan Volkswagen (VW) untuk menempati posisi puncak penjualan maupun kekuatan SDM dan financial – sehingga Toyota bisa memiliki infrastruktur yang lebih kuat dibandingkan dengan brand lainnya.
Penjualan Avanza yang sebelumnya dikabarkan ditempel ketat oleh Mitsubishi Xpander tentu saja membuat TAM dan seluruh jaringan 3S (Sale, Service, Spare part) yang ada diseluruh wilayah Indonesia bekerja ekstra untuk mengembalikan hegemoni Avanza dikategori Low Multi-Purpose Vehicle sebab seperti yang kita ketahui bersama bahwa mobil keluarga 7 (tujuh) penumpang ini merupakan andalan Toyota yang mau tidak mau harus menembus angka penjualan yang tinggi seperti yang sudah ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara dealer dan juga Agen Pemegang Merk.
Agar bisa melampui penjualan mobil lainnya maka tak heran jika kami sering menawarkan promo berupa paket kredit Avanza dimana didalamnya konsumen bisa memilih untuk mendapatkan mobil ini secara kredit dengan uang muka yang murah atau angsuran ringan sehingga tidak membuat kesulitan sendiri dikemudian hari dalam membayar angsuran kepada pihak leasing.
Sebenarnya jika kita amati bahwa Toyota sendiri tidak hanya mengandalkan Avanza untuk menempati urutan penjualan teratas sebab masih ada Kijang Innova, Fortuner dan lain sebagainya atau dengan kata lain bahwa produsen merambah semua segmen dengan tujuan untuk menjadi pemimpin dalam urusan bisnis otomotif dan itu sudah dibuktikan dari terus bertambahnya populasi mobil Toyota di Indonesia.
Memang disatu sisi bahwa penjualan otomotif sangat bergantung pada kondisi perekonomian nasional maupun global akan tetapi Toyota selalu saja berprinsip bahwa setia bulan pasti ada yang ingin memiliki mobil baru sebab memiliki mobil saat ini menjadi sebuah kebutuhan apalagi bagi mereka yang memiliki berbagai macam aktivitas diluar rumah yang ingin mendapatkan kenyamanan ketika mereka hendak bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.
Sebagai bagian dari industri otomotif global tentu saja Toyota fokus pada produk-produk yang memang banyak diminati oleh pengguna (konsumen) sehingga mereka dapat dengan mudah untuk menghadirkan produk baru ke pasar otomotif global maupun nasional. Avanza yang memang dikhususnya untuk negara-negara berkembang tentu saja akan secara kontinyu dikembangkan sehingga para pengguna benar-benar mendapatkan manfaat ketika mereka membeli Avanza dari dealer baik secara cash maupun kredit.
Baca juga : Mobil Toyota Terbaru
Berbagai macam pendekatan kepada konsumen memang terus dilakukan oleh Toyota agar bisa mempertahankan hegemoni Avanza dikategori Low MPV yang memang banyak peminatnya di Indonesia karena pertimbangan harga maupun mudah dan murahnya perawatan mobil Avanza itu sendiri yang belum bisa dikalahkan oleh kompetitor.